Senin, 31 Maret 2014

Automatic Roof (Genteng Otomatis) Berbasis Mikrokontroler AT89C51

Tugas 1: Bahasa Indonesia 2

Di zaman modern seperti ini pertumbuhan teknologi di tiap negara sangat berkembang pesat dan kebutuhan tiap manusia hampir semua sudah bisa di bantu dengan berbagai macam alat yang canggih. Jenis alat otomatis salah satu yang sangat berkembang pada zaman modern seperti ini. Hadirnya banyaknya alat otomatis pada zaman sekarang ini juga bukan tanpa sebab, manusia pada saat ini sangatlah menghargai waktu kebanyakan dari mereka tidak ingin waktunya terbuang dengan sia sia. 

Maka dari itu, di sini saya akan mencoba membantu kebutuhan manusia dengan membuat sebuah alat otomatis yang bisa membantu pekerjaan kebanyakan manusia yang membutuhkannya. Yaitu alat Automatic Roof, alat pengendali atap yang bisa membantu manusia dalam pengerjaan proses penjemuran pakaian. Di negara kita kebanyakan masyarakatnya masih melakukan yang namanya menjemur pakaian, namun kebanyakan masyarakatnya sibuk dengan pekerjaannya di luar rumah. Dan akhirnya untuk yang namanya menjaga pakaian yang sedang di jemur sangatlah rumit. Di tambah lagi cuaca yang cukup sulit untuk di tebak kapan akan terjadinya hujan atau panas. Dengan menggunakan sensor cahaya dan air, alat yang saya buat ini sangatlah efektif bagi masyarakat. Alat ini menggunakan Mikrokontroler sebagai pusat pengontrol untuk rangkaian ini.

Mikrokontroler Mikrokontroler AT89C51 ialah mikrokomputer CMOS 8 bit dengan 4KB Flash Programmable dan Erasable Read Only Memory (PEROM). Mikrokontroler berteknologi memori non volatile kerapatan tingi dari Atmel ini kompatibel dengan mikrokontroler standar industri MCS-51 (seperti mikrokontroler 8031 yang terkenal dan banyak digunakan beberapa waktu lalu) baik pin kaki IC maupun set instruksinya serta harganya yang cukup murah. AT89C51 mempunyai memori yang terdiri dari RAM internal sebesar 128 byte dengan alamat 00H-7FH dapat diakses menggunakan RAM address register. RAM Internal ini terdiri dari Register Banks dengan 8 buah register (R0-R7).Memori lain yaitu 21 buah Special Function Register dimulai dari alamat 80H-FFH. RAM ini beda lokasi dengan Flash PEROM dengan alamat 000H - 7FFH. AT89C51 yang merupakan versi EEPROM dari 8051yang program memorinya dapat diprogram dan dihapus secara elektrik. AT89C51 mempunyai lokasi alamat yang terpisah untuk program memori dan data memori. Pemisahan memori program dan data tersebut membolehkan memori data diakses dengan alamat 8 bit, sehingga dapat dengan cepat dan mudah disimpan dan dimanipulasi oleh CPU 8 bit. Namun demikian, alamat memori data 16-bit bisa juga dihasilkan melalui register DPTR.

Arsitektur dasar dari mikrokontroler AT89C51 seperti diagram blok berikut ini:

 Arsitektur Mikrokontroler AT89C51

Sebagai single chip yaitu suatu system mikroprosesor yang terintegrasi, mikrokontroler AT89C51 mempunyai konfigurasi sebagai berikut:
CPU 8 bit termasuk keluarga MCS-51.
4 Kbyte alamat untuk memory program internal (EEPROM).
128 byte memory data dalam ( Internal Data memory/ RAM).
8 bit program status word (PSW).
8 bit stack pointer ( SP).
32 pin I/O tersusun yaitu port 0-port 3 @ 8 bit.
2 buah timer/ counter 16 bit.
Data serial full dupleks.
Control register.  
5 sumber interrupt.
Rangkaian osilator dan clock.

SUMBER :
Mikrokontroler http://www.toko-elektronika.com/tutorial/uc1.html
http://kiteklik.blogspot.com/2010/07/organisasi-mikrokontroler-at89c51.html
http://www.kajianpustaka.com/2012/10/mikrokontroller-at89c51-arsitektur-dan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar