Selasa, 28 Oktober 2014

PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN (Tulisan 4)


Pendidikan adalah usaha untuk terus menerus meningkatkan kualitas didalam suatu bangsa dan Negara. Negara Republik Indonesia adalah salah satu Negara yang mayoritas penduduknya adalah beragama Islam. Masyarakat Indonesia sangat menjunjung tinggi nilai-nilai agama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Sebagai wujud nyata masyarakat Indonesia sebagai masyarakat yang sangat menjunjung tinggi nilai-nilai agama  adalah para pendiri Negara ini telah menetapkan Pendidikan Agama menjadi mata pelajaran wajib di sekolah-sekolah mulai dari Sekolah Dasar sampai dengan Perguruan Tinggi. 
Proses pembelajaran di Perguruan Tinggi Indonesia menyerap dan menyepakati filosofi konsep pendidikan Intenasional yang semakin manusiawi, realistis, demokratis dan religius. Kebijakan pendidikan Indonesia menerima deklarasi UNESCO 1998 tentang 4 ilar pendidikan yaitu : 1. Learning to Know, 2. Learning to Do, 3. Learning to Be dan 4. Learning to Live Together. Pendidikan Indonesia mempunyai fungsi untuk membentuk sosok lulusan yang utuh dan lengkap ditinjau dari segi kemampuan atau keterampilan. Mengingat perkembangan yang terjadi pada saat ini dilingkungan pendidikan, pendidikan tidak hanya dari agama atau rohani saja melainkan ada juga pendidikan jasmani. Pendidikan jasmani juga penting untuk menciptakan generasi muda bangsa yang kuat serta tangguh secra fisik untuk menghadapi segala masalah di era globalisasi seperti sekarang ini.
Oleh karena itu, menurut saya pendidikan jasmani sangat amat penting untuk menciptakan generasi muda Indonesia agar lebih tangguh secara fisik untuk menghadapi segala masalah yang sedang dihadapi bangsa Indonesia ini. Jadi jangan hanya terus menerus beljar tentang pendidikan agama saja, kita juga perlu belajar pendidikan jasmani agar kepribadian kita lebih berani.
Tetapi menurut saya pendidikan agama juga jauh lebih penting karna untuk memperkuat iman dan takwa kita terhadap sang pencipta Allah SWT, mengembangjan akhlak mulia terhadap lingkungan sekitar, mengembangkan penalaran baik serta berpikir kritis untuk memecahkan suatu masalah menggunakan nilai-nilai keagamaan, dan mampu bersikap irasional dan dinamis sesuai dengan niai-nilai Islam. Hal-hal tersebut sangat bergun untuk kehidupan berbangsa dan bernegara. Oleh sebab itu, pendidikan keagamaan sangat amat penting untuk mengembangkan kepribadian.

Jadi kesimpulan dan solusi dari saya adalah tujuan pendidikan Islam dan pendidikan jasmani adalah untuk membentuk manusia menjadi makhluk mulia yang sejati serta cakap melaksanakan pekerjaan duniawi dan ukhrawi. Kepribadian juga merupakan suatu ciri pembela antara seseorang dengan yang lain, yaitu sifat jasmaniah dan cara berpikir serta cara merasa menyatakan diri dari perbuatannya. Oleh sebab itu pendidikan Islam dan pendidikan jasmani sangat amat penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Karena untuk memperkuat iman dan takwa kepada Allah SWT dan juga untuk cara berpikir serta cara merasa yang menyatakan diri dan menjadi ciri pembela antara dia dengan orang lain. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar